Minggu, Mei 22, 2011

SEPERTI TIMBANGAN

Assalamu alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Aku orang yang jujur lurus seperti anak panah

Waktu masih SD, saya adalah anak yang rajin disuruh-suruh, sebab begitulah semestinya berbakti kepada kedua orang tua. 

Sore itu kilasnya diumur 10 tahun, sosok ibuku yang masih beliah yang rupanya  belum menyenjah itu menugaskanku tuk membeli minyak tanah sebanyak 5 liter, akupun senang karena yakinku pasti ada kembalian uang yang sebentar milikku,... hore tukasku dalam hati. Langsung saja saya kedapur mengambil ceregen dan disuguhkanlah pula dikepal tanganku uang sebanyak Rp.10.000.

Harga minyak tanah waktu itu Rp. 1.500 per liternya, kalau 5 liter harganya Rp.7500. 
kulangkahkan kaki mungil tinggalkan rumah menuju warung sejauh 100 meter tempat penjual minyak tanah. sesampai disana segera ceregenpun dibumbungi minyak sebanyak 5 liter, dan segera membayar pada ibu penjual minyak tanah dan iya memasukkan kekantong bajuku uang kembaliannya... aku tak menghitungnya saat itu. Tapi diperjalan pulang akupun mengangkat kembalian yang didesakkan dikantong bajuku, ternyata kembaliannya Rp.5000,
Dalam hatiku 
"wah,, salah ini ibu", namun pikirku pasti saya di uji, jadi saya kembali lagi kewarung, dan berkata "lebih kembalianta bu...?
Rp. 5000 kita kasika padahal seharusnya Rp. 2500 jie karena lima liter saya beli." 
Penjual pun tertawa dan berkata "iyo di..." salah hitung ucapnya. 
Setelah kembaliannya kuterima ulang,  akupun pulang sambil menenteng ceregen minyak yg telah tertutup rapat.

Besoknya tante saya  mendengar dari mulut tetangganya, bahwa saya anak yang baik katanya, “bahasanya jujurki bede anakna puang haji”

sampai sekarang saya yakin saya orang yang jujur, bahkan anehnya mulut saya ceplas coplos, kalau memang melihat sebuah kesalahan yang terjadi pada seseorang, saya terang tarangan mengatakan didepannya mungkin karena saya jujur. daripada saya bohong.???? walaupun saya pernah dengar, jaga perasaannya orang. tapi tetap saya tidak mau belajar bohong.
Kini kusadari memang jujur itu sangat ampuh dan mampu memberikan kepercayaan semua orang pada kita terlebih lagi ketika menegakkan sebuah keadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar